Waspada Modus Penipuan Berkedok Kontraktor Rumah

Desain Interior Murah, Harga Desain Interior, Interior Design Jakarta, Jasa Arsitek, Jasa Desain Rumah, Jasa Interior Design, Jasa Interior Rumah, Kontraktor Bangunan, Kontraktor Interior, Kontraktor Rumah

Waspada Modus Penipuan Berkedok Kontraktor Rumah

 

Disaat Anda telah memiliki cukup biaya untuk mempunyai rumah impian, pastinya Anda ingin segera mewujudkannya. Ada tiga pilihan cara untuk mewujudkan rumah impian tersebut bila memang dana telah mencukupi, yaitu :

Pertama, membeli rumah baru yang sudah jadi dari para pengembang perumahan.

Kedua, membeli rumah yang sebelumnya pernah dihuni orang lain (Second hand).

Ketiga, membangun rumah baru dengan desain sesuai harapan Anda sendiri.

Apabila Anda lebih suka memiliki rumah impian dengan pilihan cara di point ketiga yakni membangun rumah baru dengan desain sendiri, pastinya Anda akan mempertimbangkan dan memilih-milih kontraktor rumah mana yang tepat dan bisa Anda percaya untuk merealisasikan rumah impian tersebut. Tetapi masalahnya adalah bila Anda masih awam, maka kemungkinan Anda rentan terhadap penipuan yang dilakukan oleh kontraktor rumah.

Jika kontraktor rumah yang Anda pilih adalah rekomendasi dari sahabat, saudara, tetangga atau orang-orang yang telah Anda kenal maka kemungkinannya kecil bila kontraktor rumah tersebut bermasalah. Tetapi bila Anda adalah perantau yang baru tinggal di suatu kota atau Anda memang benar-benar tidak mendapatkan rekomendasi kontraktor rumah dari siapapun, bisa jadi Anda merupakan ‘sasaran empuk’ bagi kontraktor gadungan.

Berikut ini adalah contoh modus para kontraktor rumah gadungan :

  1. Mendatangi orang-orang yang menjadi target. Mereka bisa mendatangi target secara langsung, dan bisa juga secara tidak langsung misalkan melalui dunia maya dan social media. Biasanya mereka para kontraktor yang hendak menipu, telah mengadakan survei target terlebih dulu.
  2. Mereka biasanya terlihat sangat ambisius saat menawarkan jasa kontraktor rumah kepada Anda, bahkan terkesan mereka agak memaksa Anda agar menggunakan jasa kontraktor yang mereka
  3. Kontraktor rumah gadungan biasanya menawarkan harga yang jauh dibawah harga pasaran, agar target penipuannya tergiur dan masuk ke dalam jebakan.
  4. Mereka biasanya juga menawarkan banyak janji-janji dan bonus-bonus kepada Anda. Namun pikirkankan ulang bila janji-janji dan bonus-bonus tersebut ditawarkan dengan biaya keseluruhan yang relatif murah. Bonus yang ditawarkan beragam jenis, contohnya gratis pembuatan pagar rumah atau diskon-diskon harga yang besar.
  5. Kontraktor rumah gadungan selalu menunjukan foto-foto proyek yang telah selesai mereka garap, tetapi proyek tersebut berada di luar kota tempat Anda tinggal, agar Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan pengecekan.
  6. Sering kali kontraktor rumah gadungan mengajak calon targetnya untuk membicarakan masalah proyek di luar kantor. Bahkan ada yang sama sekali tidak pernah mengajak target penipuannya ke kantor. Karena memang mereka tidak memiliki kantor tetap. Bahkan ada dari mereka yang menyewa bangunan untuk dijadikan kantor tetapi hanya sekitar sebulan saja.
  7. Jika telah terjadi deal atau kesepakatan antara Anda dengan pihak kontraktor gadungan tersebut, maka kontraktor yang hendak menipu Anda itu akan meminta uang muka atau DP dalam jumlah cukup besar sekitar 50 %. Mereka beralasan dengan uang muka yang besar maka pengerjaan pun akan cepat selesai, atau alasan-alasan lainnya.
  8. Apabila uang muka 50 % telah mereka terima, maka saatnya mereka untuk mengganti nomer telepon dan mereka kabur ke luar kota, kemudian mereka beraksi untuk mencari ‘sasaran empuk’ selanjutnya.

Semakin hari, semakin tinggi tingkat kriminalitas. Terlebih lagi tindakan kriminal dalam bentuk penipuan. Berbagai modus penipuan pun semakin marak dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sebaiknya kita waspada, lebih berhati-hati, dan lebih teliti sebelum mempercayai orang lain. Kejahatan itu bukan hanya karena ada niat dari pelakunya namun juga di dukung dengan adanya kesempatan. Jadi tetaplah waspada.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *