Panduan Memilih Jasa Kontraktor Rumah Yang Terpercaya

Desain Interior Murah, Harga Desain Interior, Interior Design Jakarta, Jasa Arsitek, Jasa Desain Rumah, Jasa Interior Design, Jasa Interior Rumah, jasa kontraktor rumah, Kontraktor Bangunan, Kontraktor Interior, Kontraktor Rumah

Panduan Memilih Jasa Kontraktor Rumah Yang Terpercaya

 

Adakalanya, dalam pembangunan atau renovasi rumah, bagian terberat bukan pada proses konstruksi itu sendiri, melainkan pada bagaimana kita menemukan jasa kontraktor rumah yang kompeten dan bisa dipercaya.

Telah banyak kita mendengar bagaimana jasa kontraktor rumah meninggalkan klien dalam keadaan proyek yang masih setengah jadi, atau klien yang pada akhirnya harus mengeluarkan dana hingga berkali-kali lipat untuk menutup pembengkakan yang tidak sesuai dengan perkiraan awal.

Bahkan dengan jasa kontraktor rumah yang baik, proses pembangunan atau renovasi rumah dapat menjadi penuh tantangan, mahal, dan kejutan-kejutan lain yang tidak bisa diduga. Oleh karena itulah, memilih jasa kontraktor rumah yang baik menjadi satu titik yang sangat penting.

  1. Minta referensi

Tanyakan pada saudara, kerabat, tetangga, maupun teman di sekitar Anda jasa kontraktor rumah yang mereka ketahui reliabel dan handal. Minta informasi mengenai hasil kerja para kontraktor tersebut dan apakah ada hambatan yang mereka temui selama berinteraksi dengan para kontraktor tersebut.

Buka internet untuk melihat jika mungkin ada ulasan mengenai para kontraktor tersebut di sana, meski mungkin tidak sebanyak jika kita menanyakan langsung pada pihak-pihak yang pernah menggunakan jasa kontraktor rumah tersebut.

  1. Cari tahu harga material

Salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh jasa kontraktor rumah adalah memberi estimasi harga material. Untuk mencegah para kontraktor melakukan manipulasi harga, ambillah inisiatif dengan berkunjung atau menelepon penyedia bahan bangunan untuk mencari tahu jenis dan harga material.

Pada tahap ini Anda sekalian bisa menentukan jenis material yang Anda inginkan.

  1. Bertemu dengan kontraktor

Mintalah informasi mengenai apakah jasa kontraktor rumah tersebut menerima proyek seperti yang Anda ajukan, bisakah mereka memberitahu siapa saja klien sebelumnya, dan berapa proyek yang sedang mereka kerjakan dalam waktu yang bersamaan.

Ini penting untuk mengetahui ketersediaan dan reliabilitas kontraktor. Juga untuk menilai seberapa besar perhatian yang mereka curahkan untuk proyek rumah Anda, dan apakah proyek rumah Anda bisa berjalan lancar.

  1. Crosscheck

Jika Anda sudah mengetahui proyek-proyek sebelumnya yang pernah ditangani oleh para kontraktor tersebut, luangkan waktu untuk melihat hasilnya. Lihat apakah hasil kerja mereka rapi dan aman. Jika memungkinkan amati pula proses pengerjaan proyek tersebut.

  1. Buat rencana

Pada tahap ini Anda sudah mendapatkan jasa kontraktor rumah yang sesuai harapan. Mulailah membuat rencana pembangunan rumah, dan diskusikan jadwal pembayaran.

Untuk proyek dengan skala besar, sistem pembayaran biasanya diawali dengan 10% pada saat penandatanganan kontrak, 3 kali 25% di sepanjang rentang durasi proyek, dan 15% sisanya ketika pekerjaan sudah benar-benar selesai.

Jangan melakukan pembayaran akhir kecuali jika Anda sudah benar-benar merasa puas akan hasil kerja mereka.

  1. Kontrak

Baca kontrak Anda dengan seksama. Pastikan di kontrak Anda tertulis secara detail jenis pekerjaan yang akan dilakukan, tenggat waktu, progres pembayaran, jenis material yang akan digunakan dan supplier material tersebut. Jika kontrak belum cukup detail, tambahkan poin yang Anda inginkan dan minta jasa kontraktor rumah untuk merevisinya.

  1. Jalin komunikasi

Terutama pada proyek yang besar, seperti membangun rumah benar-benar dari awal, Anda harus menjalin komunikasi rutin dengan kontraktor. Bicaralah dengan mereka setiap hari.

 

Jika Anda melihat sesuatu yang sekiranya di kemudian hari berpotensi menjadi masalah, jangan ragu untuk menyampaikannya kontraktor sesegera mungkin. Pekerjaan yang sudah selesai akan jauh lebih sulit diperbaiki, apalagi jika kontraktor sudah berkemas dan meninggalkan Anda untuk mengerjakan proyek mereka selanjutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply