Model Rumah Terbaru : Tips Memilih Model Rumah Ramah Lingkungan

denah rumah, Desain Interior Murah, Harga Desain Interior, Interior Design Jakarta, Jasa Arsitek, jasa desain interior, Jasa Desain Rumah, jasa interior desain, Jasa Interior Design, Jasa Interior Rumah, jasa kontraktor rumah, Kontraktor Bangunan, Kontraktor Interior, Kontraktor Rumah, model rumah terbaru, rumah minimalis

Tips Memilih Model Rumah Ramah Lingkungan

 

                           Model rumah terbaru – Rumah merupakan tempat berkumpulnya sebuah keluarga. Rumah juga merupakan tempat berlindung dari panas, dingin, debu, dan juga hal tidak menyenangkan di luar sana. Tak heran mengapa semua orang ingin membuat rumah mereka senyaman mungkin.  Rumah yang nyaman, aman, tenteram, dan juga ramah lingkungan akan menjadi model rumah terbaru idaman semua orang.

Pada dasarnya semua rumah, akankah satu lantai atau lebih tidak ada bedanya asalkan terasa nyaman ditempati. Sehingga membuat penghuni di dalamnya merasa betah menghabiskan waktu di dalam rumah.

Model rumah terbaru idaman ramah lingkungan saat ini sedang berkembang. Karena rumah yang ramah lingkungan mempunyai nilai tambah yang lebih dibanding lainnya.

Lalu, bagaimana cara memilih model rumah terbaru ramah lingkungan? Mari simak beberapa tips memilih model rumah ramah lingkungan idaman semua orang.

  1. Memilih material bangunan yang ramah lingkungan

Hal pertama untuk membuat rumah adalah fondasi dan pemilihan bahan bangunan. Agar rumah terasa nyaman dan menjadi idaman model rumah terbaru serta ramah lingkungan, ada kalanya harus selektif dalam pemilihan bahan material. Berikut beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan rangka atap yang terbuat dari baja ringan sebagai penghematan penggunaan kayu. Seperti diketahui bahwa kayu semakin menipis, disebabkan penebangan hutan liar juga kebakaran hutan.
  2. Untuk bahan pembuatan kusen, jendela dan pintu bisa diganti dengan PVC/UPVC atau aluminium
  3. Hendaknya menggunakan beberapa peralatan elektronik yang bebas dari Freon, yang mana diketahui bahwa Freon dapat merusak lapisan ozon.
  4. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara merupakan peredaran udara dalam sebuah ruangan. Sirkulasi udara yang tidak lancar dan sedikit menyebabkan udara di dalam rumah terasa sangat pengap dan lembab.

Dengan membuat banyak jendela terbuka yang besar, atau pun pintu rumah yang besar menghadap ke taman dalam rumah, bisa merupakan sebuah cara untuk membuat sirkulasi udara sebanyak mungkin.

  1. Hemat energi Listrik

Listrik merupakan sebuah kebutuhan sangat penting bagi manusia. Namun, sumber daya ini jika tidak dimanfaatkan dengan baik hanya akan terbuang percuma dan malah akan menambah anggaran pengeluaran di awal bulan.

Dengan menghemat listrik dengan contoh tidak menggunakan AC. Penggantinya dengan membuat jendela besar sehingga sirkulasi udara akan lancar dan baik, atau menggunakan kipas angin.

  1. Menggunakan energi alternatif

Model rumah terbaru idaman yang ramah lingkungan salah satunya cirinya adalah pemanfaatan energi alternatif. Selain ramah lingkungan, hal lainnya juga dapat menghemat pengeluaran.

Pemanfaatan Solar litrik atau PV (Photovoltaic) merupakan sistem yang dapat menghasilkan tenaga listrik. PV diletakkan di atas atap untuk menampung panas matahari dan diolah untuk memanaskan air. Energi ini dapat diterapkan di dalam rumah, karena hanya memanfaatkan sumber daya matahari atau tenaga angin.

  1. Posisi rumah

Memilih posisi rumah dan letak geografis yang cukup cahaya asal tidak berlebihan. Agar rumah tetap terjaga kehangatannya.

  1. Membuat Taman

Konsep taman dalam model rumah terbaru ramah lingkungan tak hanya dapat diterapkan di luar rumah. Bisa juga dibuat di dalam rumah dengan menyisakan ruangan kosong khusus untuk taman.

Taman dengan tumbuhan hijau yang banyak serta tumbuhan lainnya tak hanya berfungsi sebagai hiasan, namun juga dapat menjadi penahan air hujan, menjaga kestabilan dan kesuburan tanah, serta menghasilkan oksigen.

  1. Saluran Air

Ciri khas lain dari model rumah terbaru ramah lingkungan adalah saluran air nya yang lancar dan baik. Contohnya adalah selokan yang besar dan tidak mampu untuk mencegah banjir.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply