Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor Bangunan

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor Bangunan

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor Bangunan

 

                Kontraktor Bangunan : Dalam membangun rumah atau jenis bangunan lainnya, dibutuhkan para pekerja yang tidak hanya mampu bekerja keras melainkan juga memiliki keterampilan untuk menyelesaikan segala pekerjaan. Jika biasanya untuk membangun rumah atau gedung dibutuhkan jasa tukang dan kuli bangunan maka agar lebih praktis kini Anda juga bisa menggunakan jasa kontraktor bangunan. Melalui jasa inilah Anda tak perlu repot mengawasi proses pembangunan rumah karena hanya perlu mempercayakan semuanya kepada pihak kontraktor.

 

Mengenal Jasa Kontraktor
                Jasa kontraktor bangunan mungkin sudah tak asing lagi dan banyak dibicarakan sebagai jasa yang membantu memudahkan pembangunan. Akan tetapi sebelum menggunakan jasa ini sebaiknya Anda mengenal lebih dekat terlebih dahulu mengenai jasa kontraktor bangunan. Sebetulnya jasa kontraktor bangunan merupakan orang-orang yang bekerja dalam ikatan kontrak, dalam hal ini pekerjaan yang dilakukan adalah membantu orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola sendiri pembangunan rumahnya.

                Kontraktor bisa juga disebut sebagai pelaksana sebuah proyek yang berbadan hukum dan didasarkan pada keahliannya. Ketika menerima tugas untuk melakukan proses pembangunan, maka pihak kontraktor akan menandatangani surat perjanjian serta surat penunjukan tugas. Oleh karena itu para klien tak perlu khawatir jika akan menggunakan jasa ini karena dijamin terpercaya dan memiliki surat izin resmi.

 

Tugas dan Tanggung Jawa Kontraktor Bangunan

                Agar Anda lebih mengetahui seluk beluk kontraktor bangunan maka tak ada salahnya juga untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab kontraktor bangunan. Sebetulnya, tugas dan tanggung jawab seorang kontraktor dapat didasarkan pada kepemilikan proyek. Dalam pelaksanaan tugasnya, kontraktor  juga akan diawasi oleh tim pengawas yang telah ditunjuk oleh pemilik proyek. Selain itu, kontraktor juga bisa melakukan konsultasi jika terjadi masalah pada saat pengerjaan proyek.

                Tidak hanya perlu diketahui oleh tim kontraktor, tugas dan tanggungjawab kontraktor sebaiknya juga diketahui oleh klien agar tidak terjadi kesalahpahaman mengenai tugas dan tanggung jawab kontraktor. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih jelas mengenai tugas dan tanggung jawab kontraktor bangunan, maka berikut ini akan dijelaskan tugas dan tanggung jawab kontraktor yang perlu Anda ketahui.

  1. Dalam menjalankan tugas, proses pengerjaan dan pelaksanaan konstruksi harus sesuai dengan rencana spesifikasi dan peraturan yang telah disebutkan dalam surat perjanjian. Dengan cara ini maka pihak klien dapat terlindungi jika terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian dari pihak kontraktor.
  2. Membuat laporan kemajuan dari proyek yang sedang dikerjakan. Laporan ini dibuat dalam bentuk laporan harian, laporan mingguan, dan laporan bulanan serta ditujukan kepada pemilik proyek. Dalam isi laporan tersebut, dapat dilaporkan mengenai pelaksanaan pekerjaan, jumlah tenaga kerja, kemajuan proyek, dan adanya pengaruh cuaca pada saat proses pengerjaan.
  3. Keterlaksanaan jadwal kerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya sehingga proses pengerjaan bangunan dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu.
  4. Melakukan penyediaan bahan atau material, tenaga kerja yang profesional dan terampil serta tempat yang diperlukan untuk mendukung kelancaran proses pembangunan.
  5. Dalam proses pengerjaan proyek maka pihak kontraktor harus selalu menjaga semua peralatan yang digunakan agar tetap dalam kondisi yang layak sehingga dapat memperlancar proses pengerjaan proyek pembangunan.

Itulah penjelasan mengenai tugas dan tanggung jawab kontraktor bangunan yang bisa menambah pengetahuan Anda. Selain itu, dengan mengetahui tugas dan tanggung jawab kontraktor bangunan maka akan semakin meyakinkan Anda untuk menggunakan jasa kontraktor  ini. Kini Anda tak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa kontraktor karena selain memiliki perizinan yang resmi juga memiliki tugas serta tanggung jawab yang jelas.