Waspadai Kecurangan Jasa Kontraktor Rumah Yang Banyak Terjadi

Desain Interior Murah, Harga Desain Interior, Interior Design Jakarta, Jasa Arsitek, jasa desain interior, Jasa Desain Rumah, jasa interior desain, Jasa Interior Design, Jasa Interior Rumah, jasa kontraktor rumah, Kontraktor Bangunan, Kontraktor Interior, Kontraktor Rumah

Waspadai Kecurangan Jasa Kontraktor Rumah Yang Banyak Terjadi

 

               Kita menjumpai banyak jasa kontraktor rumah yang handal, jujur, dapat dipercaya, dan memiliki etos kerja yang baik. Namun, tidak semestinya hal tersebut menurunkan kewaspadaan kita. Sebisa mungkin kita harus menghindari kecurangan jasa kontraktor rumah yang marak terjadi.

Ada saja kontraktor yang melakukan kecurangan pada kliennya. Begitu sang klien tersadar, si kontraktor sudah pergi dengan hasil kerja yang tidak memuaskan (atau pada banyak kasus, bahkan tidak selesai sama sekali), sementara klien sudah mengeluarkan banyak dana untuk itu.

Membangun (atau merenovasi) rumah adalah sebuah pekerjaan yang menantang, jangan sampai beban pikiran Anda bertambah berat dengan adanya kontraktor yang curang. Di bawah ini adalah tips yang bisa diterapkan untuk menghindari kecurangan jasa kontraktor rumah.

  1. Hindari pembayaran terlalu banyak di muka

Tips pertama untuk menghindari kecurangan jasa kontraktor rumah adalah berkaitan dengan pembayaran. Pihak kontraktor mungkin berdalih butuh biaya (dalam jumlah yang besar) untuk memesan bahan bangunan dan menyiapkan peralatan lain untuk memulai pekerjaan. Namun, pastikan untuk tidak memberi uang muka lebih dari 10%.

Sepuluh persen, menurut para ahli, adalah jumlah yang cukup untuk menunjukkan bahwa Anda adalah klien yang serius. Kontraktor yang meminta lebih dari jumlah tersebut (katakanlah 30 – 50%) menunjukkan ketidakstabilan kondisi finansial mereka dalam mengerjakan proyek tersebut.

  1. Jangan percaya kata-kata tapi percayalah pada kontrak

Tips kedua yang dapat dilakukan adalah mengarahkan kontraktor rumah untuk berfokus pada kontrak yang jelas. Pada awal-awal proyek, Anda akan banyak berdiskusi dengan kontraktor mengenai rencana pembangunan.

Kontraktor tampak menyetujui semua yang Anda bicarakan, bahkan memberi usulan yang bagi Anda brilian. Mungkin Anda berpikir dengan berdiskusi saja sudah cukup, selama Anda dan kontraktor mencapai kesepahaman verbal.

Akan tetapi, selalu ada kemungkinan hal-hal tidak berjalan sebagaimana yang Anda inginkan dan ketika Anda mengkonfrontasikan hal tersebut pada pihak kontraktor, jawaban mereka adalah “Hal itu tidak tercantum dalam kontrak kerja kami”.

Untuk menghindari kecurangan jasa kontraktor rumah dalam hal ini, pastikan kontrak Anda memuat hal-hal sedetail mungkin dan tunda untuk menandatanganinya kecuali hal-hal yang Anda kehendaki telah tercantum di sana.

  1. Material “kelas dua”

Rencanakan, dan cari tahu. Dua hal itu penting untuk menghindari kecurangan jasa kontraktor rumah. Sebelum memulai pembangunan rumah, bahkan sebelum menyewa jasa kontraktor, usahakan untuk memiliki rencana pembangunan yang jelas.

Dengan begitu Anda akan dengan mudah menentukan jenis material yang akan dipakai. Keputusan ini akan Anda bawa ketika bertanya pada pihak penyedia bahan bangunan, mengenai harga dari tiap jenis material yang Anda inginkan.

Dengan memiliki gambaran yang jelas, selain untuk menghindari kontraktor Anda memanipulasi harga, Anda akan menolak apabila kontraktor Anda menawarkan untuk memakai material yang lebih murah karena “diskon”. Bisa jadi kualitas material yang ditawarkan tersebut tidak begitu bagus.

Menggunakan material yang demikian bisa berdampak pada perawatan rumah dalam jangka panjang, Karena material yang tidak begitu bagus kualitasnya pasti tidak tahan lama.

  1. Tampilan itu penting

Jangan nilai buku dari sampulnya, demikian kata pepatah. Akan tetapi, dalam menghindari kecurangan jasa kontraktor rumah, kredibilitas kontraktor dapat dilihat dari bagaimana cara mereka membawa diri, peralatan yang mereka gunakan, dan kondisi kantor tempat mereka bekerja.

Itulah keempat tips yang bisa anda coba untuk menghindari kecurangan jasa kontraktor rumah. Dengan sedikit informasi ini, anda setidaknya bisa sedikit tenang selama mendirikan hunian yang ingin anda jadikan tempat berkumpul dengan keluarga.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply