Tips Memilih Kontraktor Yang Tepat

Desain Interior Murah, Harga Desain Interior, Interior Design Jakarta, Jasa Arsitek, Jasa Desain Rumah, Jasa Interior Design, Jasa Interior Rumah, Kontraktor Bangunan, Kontraktor Interior, Kontraktor Rumah

Tips Memilih Kontraktor Yang Tepat

 

Memilih jasa kontraktor rumah, bukan hanya dilihat dari pengalamannya saja, akan tetapi kenyamanan saat Anda bercakap-cakap dengan mereka merupakan faktor penunjang. Akan lebih menyenangkan dan nyaman apabila kita menjalin kerja sama dengan penyedia jasa kontraktor rumah yang enak saat diajak bicara, hingga semua harapan dan keinginan kita dapat disampaikan pada kontraktor rumah tersebut.

Selain itu apabila kita bekerjasama dengan kontraktor yang nyaman ketika diajak bicara, maka semua kendala yang terjadi di lapangan nantinya, akan mudah diselesaikan atau dirundingkan agar segera memperoleh solusinya. Mendapatkan kontraktor yang ‘Klik’ dengan kita memang perkara yang tidak mudah bagi beberapa orang. Kontraktor abal-abal memang banyak, lalu bagaimana memilih kontraktor rumah yang dapat dipercaya?

Berikut ini adalah tips memilih kontraktor rumah yang dapat dipercaya untuk mengemban proyek yang kita berikan :

  1. Banyak yang merekomendasikan
    Kontraktor rumah yang memiliki kredibilitas bagus, biasanya banyak dikenal orang melalui promosi mulut ke mulut. Cobalah untuk bertanya kepada sahabat, rekan sekantor, saudara, atau tetangga Anda tentang kontraktor yang mereka kenal.
    Jasa kontraktor rumah yang direkomendasikan oleh orang-orang dekat Anda yang baik biasanya lebih terjamin karena tidak mungkin mereka akan merekomendasikan kontraktor yang buruk, dan juga memiliki kemungkinan lebih kecil terjadi penipuan.
  2. Milikilah pilihan jasa kontraktor rumah lebih dari satu calon kontraktor
    Tawarkan pada mereka masing-masing proyek Anda kemudian mintalah mereka menghitung biaya pembangunan rumah secara rinci. Sebaiknya sebelumnya Anda juga telah memiliki perhitungan biaya sendiri.
    Apabila sebelumnya Anda telah memesan desain rumah dari seorang arsitek, maka hal ini akan lebih memudahkan. Sebab, biasanya setiap paket desain rumah yang Anda pesan dari seorang arsitek telah dilengkapi dengan perhitungan global jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah yang biasa disebut RAB (Rancangan Anggaran Biaya).
    Apabila setiap calon kontraktor telah menyerahkan daftar biaya pembangunan rumah secara rinci berdasarkan perhitungan mereka masing-masing, maka Anda bisa memulai untuk membandingkan rincian anggaran masing-masing calon kontraktor tersebut, dan bandingkan pula dengan RAB yang telah diberikan oleh arsitek yang Anda percaya untuk membuat desain rumah Anda.
    Telitilah, apakah biaya yang dirincikan oleh masing-masing calon kontraktor tersebut benar-benar realistis, dan berhati-hatilah jangan langsung tergiur dengan rincian anggaran yang murah, periksa lebih dulu agar Anda terhindar dari penipuan. Banyak pula para pemilik rumah yang menyesal setelah rumah mereka jadi, karena kualitas bahan bangunan yang kurang baik sebab meraka awalnya hanya berpikiran ‘asal murah’.
  3. Temui langsung
    Temuilah masing-masing calon kontraktor Anda yang sudah mengajukan rincian anggaran pembangunan. Adakan pertemuan singkat untuk memastikan bahwa mereka memang memahami setiap aspek pekerjaan atau proyek yang Anda ajukan.
    Ada kontraktor-kontraktor yang tidak suka repot, lalu melemparkan pekerjaan menghitung dan membuat rincian anggaran kepada pihak lain, yang belum tentu professional. Kontraktor yang baik memiliki salah satu ciri yaitu mengerti seluk beluk pekerjaan dan mampu mempertimbangkan rincian anggaran dengan baik.
  4. Cek kredibilitasnya
    Jangan lupa untuk mengecek kredibilitas kontraktor yang akhirnya menjadi pilihan Anda. Tanyakanlah pula pada kontraktor rumah pilihan Anda apakah sanggup memberikan garansi terutama apabila terdapat masalah-masalah atau kesalahan-kesalahan saat rumah Anda telah jadi.

Masalah yang umumnya terjadi ketika rumah telah selesai dibangun adalah masalah kebocoran atap. Kebocoran atap adalah hal yang sulit dijangkau pada pengecekan akhir rumah atau saat serah terima rumah. Kebocoran atap rumah memang sulit dideteksi oleh kontraktor rumah saat pembangunan, terlebih lagi jika proses pengerjaan ketika musim kemarau.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply