Pilih Mana? Jasa Kontraktor Bangunan Atau Jasa Pemborong Bangunan?

Desain Interior Murah, Harga Desain Interior, Interior Design Jakarta, Jasa Arsitek, jasa desain interior, Jasa Desain Rumah, jasa interior desain, Jasa Interior Design, Jasa Interior Rumah, jasa kontraktor rumah, Kontraktor Bangunan, Kontraktor Interior, Kontraktor Rumah

Pilih Mana? Jasa Kontraktor Bangunan Atau Jasa Pemborong Bangunan?

 

Kegalauan dan kebingungan sering melanda kepala setiap orang yang ingin membangun rumah. Mereka bingung harus memilih jasa kontraktor bangunan atau jasa pemborong bangunan untuk mempercayakan nasib rumahnya. Beberapa orang berpendapat bahwa pembangunan rumah yang besar dan mewah dengan luas 500 meter2, sebaiknya menggunakan jasa kontraktor saja, namun jika rumah kecil kurang dari ukuran tersebut, lebih baik memakai jasa pemborong bangunan. Apakah benar demikian?

Nah, untuk mengetahui jawaban dan menjawab semua pertanyaan Anda, sebaiknya baca dulu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing penyedia jasa tersebut.

Kelebihan Menggunakan Jasa Kontraktor Bangunan

  1. Mempunyai arsitek yang bisa membaca gambar rancangan rumah dan bisa melakukan pengubahan gambar jika tiba-tiba ada perubahan saat proyek sudah berlangsung.
  2. Menguasai managemen pembangunan dalam proyek (misalnya dalam penjadwalan dan pengawasan).
  3. Mempunyai banyak cadangan dana, sehingga bisa memback up sementara jika dana dari pemilik rumah terlambat diberikan. Dengan demikian, tak akan mengganggu jalan  proyek yang sedang berlangsung.
  4. Menguasai teknis konstruksi hingga perhitungan struktur untuk tingkat kerumitan yang kompleks sekalipun.
  5. Mempunyai pengawas kerja yang tugasnya khusus hanya untuk mengawasi jalannya proyek dari pengawasan pekerja hingga keluar masuknya bahan bangunan, sehingga pekerjaan bisa lebih efektif dan bisa selesai sesuai jadwal.
  6. Pemilik rumah bisa dengan mudah bertanya terkait pelaksanaan dan kemajuan dari pembangunan langsung ke pengawas.
  7. Pemilik rumah setiap hari tak perlu mengunjungi lokasi proyek, karena sudah ada petugas yang mengawasi dan terbukti lebih handal.
  8. Mempunyai pengetahuan luas biasa bagus mengenai bangunan yang berkualitas serta bisa memberikan solusi terbaik kepada pemilik rumah jika terjadi suatu masalah.
  9. Sangat handal dalam menangani pembangunan rumah menengah ke atas.

 

Kekurangan Menggunakan Jasa Kontraktor Bangunan

  1. Harga yang ditawarkan oleh kontraktor bangunan relatif lebih mahal, karena mereka mempunyai skill yang bagus dan bisa bekerja secara profesional.
  2. Kontraktor bangunan tidak mau menerima proyek pembangunan yang kecil, karena merasa keuntungan yang di dapat tak sebanding dengan jasa dan tenaga yang mereka lakukan.

 

Kelebihan Memakai Jasa Pemborong Bangunan

  1. Harga yang ditawarkan lebih murah daripada kontraktor bangunan karena jasa pemborong bisa dibayarkan melalui upah harian atau juga borongan kerja.
  2. Mempunyai skill pembangunan rumah berdasarkan pengalaman kerja.
  3. Mengetahui detail pelaksanaan konstruksi rumah dengan baik.
  4. Bisa diandalkan untuk pembangunan rumah standar menengah ke bawah

Kekurangan Memakai Jasa Pemborong Bangunan

  1. Keahlian dalam membaca gambar dari arsitek masih kurang.
  2. Tidak dapat memberikan solusi terbaik jika pemilik rumah ingin ada perubahan pada desain, teknis pelaksanaan dan estetika rumah.
  3. Pemilik rumah sebaiknya sering mengawasi jalannya pembangunan rumah, agar mudah dalam melihat kesalahan, sehingga bisa langsung ditegur.
  4. Tidak memiliki pengawas proyek mandiri, biasanya yang mengawasi adalah mandor yang kurang mengetahui seluk beluk dalam pengawasan proyek pembangunan.
  5. Memiliki cadangan dana yang minim, bahkan kadang tidak ada. jadi ketika pemilik rumah terlambat membayar, maka pemborong bangunan harus menghentikan proyek secara sepihak.

Dari penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan terkait jasa kontraktor bangunan dan pemborong bangunan tersebut, kini Anda harus bijak dalam memilih jasa mana yang harus Anda gunakan untuk merealisasikan rumah masa depan. ternyata memang benar, bahwa untuk pembangunan dengan luas >500 meter2 menggunakan jasa kontraktor bangunan, dan sebaliknya jika rumah sederhana dengan luas 70 meter2 saja, Anda bisa pilih pemborong bangunan karena harganya relatif lebih murah.

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply