Kontraktor Rumah : Membangun Rumah Pada Musim Penghujan

Desain Interior Murah, Harga Desain Interior, Interior Design Jakarta, Jasa Arsitek, Jasa Desain Rumah, Jasa Interior Design, Jasa Interior Rumah, jasa kontraktor rumah, Kontraktor Bangunan, Kontraktor Interior, Kontraktor Rumah

Membangun Rumah Pada Musim Penghujan

 

Kontraktor Rumah : Rezeki tidak datang sesuai keinginan kita. Ketika kita bersama jasa kontraktor rumah memutuskan untuk tetap membangun rumah saat musim hujan, kita harus pandai mengakali agar struktur bangunan sama kuat dan bagusnya seperti jika kita membangunnya pada musim panas.

Pihak kontraktor rumah pun mengakui, bahwa membangun rumah saat musim hujan memang tidak selancar (baik durasi maupun prosesnya) ketika musim panas. Hal ini dikarenakan pada musim hujan, bangunan terkena air dengan intensitas yang tinggi selama proses pembangunannya.

Akan tetapi, pihak kontraktor rumah yang baik akan membantu mewujudkan keinginan Anda. Selama diimbangi dengan strategi yang tepat, kita akan dapat membangun rumah seperti ketika musim panas. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diaplikasikan ketika untuk satu dan lain alasan kita harus membangun rumah saat musim hujan.

  • Kenali Bahan Bangunan

Mengenali bahan bangunan artinya adalah mengetahui seberapa tahankah bahan bangunan tertentu terhadap air. Hal ini berkaitan dengan bagaimana nantinya pemilik proyek dan kontraktor rumah akan menempatkan bahan-bahan bangunan tersebut.

Batu kali, misalnya, adalah bahan bangunan yang paling tahan terhadap air. Sebaliknya, pasir akan dengan mudah terbawa hujan deras dan angin kencang. Semen jika terkena air dan udara lembab gampang mengeras. Batu bata jika terkena air akan melapuk dan hancur. Gipsum kualitas rendah biasanya tidak tahan terhadap paparan hujan.

Dengan mengenali karakteristik bahan-bahan bangunan tersebut, kita tahu bahwa terpal digunakan bukan untuk melindungi batu kali, melainkan semen, batu bata dan pasir. Kita juga tahu bahwa batu bata dan semen perlu diberi alas untuk mencegah kontak langsung dengan air dan tanah yang lembab.

Antisipasi lain yang bisa kita lakukan adalah membatasi kuantitas pembelian. Bicarakan pada kontraktor rumah untuk tidak langsung membeli bahan-bahan bangunan tersebut dalam jumlah yang banyak.

  • Lindungi Pekerja

Tidak dipungkiri, hujan bisa membuat para pekerja kurang telaten dalam melakukan pekerjaannya. Mereka cenderung ingin agar pekerjaan mereka cepat selesai sehingga kurang mementingkan kualitas. Untuk mengatasinya, mintalah pada kontraktor rumah untuk menyediakan fasilitas sepatu karet dan jas hujan.

Jika memungkinkan lagi, bentangkan terpal lebar-lebar yang melingkupi proyek pembangunan sehingga seakan-akan para pekerja berada di dalam sebuah tenda yang besar. Terpal lebar ini bisa diikatkan ke mana saja: pohon, tiang listrik, atau pada bangunan di sekitarnya.

Yang harus diperhatikan jika berniat memasang terpal adalah meminta izin dari penghuni sekitar rumah apabila ada area rumah mereka yang ikut terganggu akibat pemasangan terpal.

  • Tidak tergesa-gesa

Tips ketiga dalam membangun rumah saat musim hujan adalah agar tidak tergesa-gesa. Pada saat pengerjaan pondasi, misalnya. Sebelum memasang batu kali pada tempat pondasi ditetapkan, perlu adanya penggalian tanah hingga ke kedalaman tertentu yang bertujuan agar pondasi bisa ‘tertanam’ dalam tanah.

Ketika musim hujan tiba, lubang yang telah digali kadang terisi air. Hal ini tentu saja menghambat pengerjaan pondasi yang dilakukan pihak kontraktor rumah karena air yang menggenang harus terlebih dahulu dikuras sampai habis.

Hal yang sama berlaku pada proses pemasangan batu bata, plesteran dan acian. Ketiganya lebih optimal jika dilakukan dalam keadaan kering. Maka biasanya pihak kontraktor rumah akan menunggu waktu hingga seminggu.

Plesteran dan acian sangat bergantung pada keringnya pasangan batu bata. Untuk mengantisipasinya bisa dengan menutupkan terpal pada area yang sedang dikerjakan.

Begitulah tips dalam membangun rumah saat musim hujan. Komunikasikan selalu dengan jasa kontraktor rumah yang Anda sewa, agar hasilnya memuaskan. Demikian informasi mengenai membangun rumah saat musim hujan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *