Kontraktor Rumah : Membangun Hunian Dengan Konsep Rumah Tumbuh

Desain Interior Murah, Harga Desain Interior, Interior Design Jakarta, Jasa Arsitek, Jasa Desain Rumah, Jasa Interior Design, Jasa Interior Rumah, jasa kontraktor rumah, Kontraktor Bangunan, Kontraktor Interior, Kontraktor Rumah

Membangun Hunian Dengan Konsep Rumah Tumbuh

 

Kontraktor Rumah : Banyak jasa kontraktor rumah yang menawarkan konsep rumah tumbuh, yang mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Rumah tumbuh adalah sebuah kondisi dimana pembangunan rumah dilakukan secara bertahap, menyisakan ruang untuk dikembangkan sesuai kebutuhan penghuni rumah atau kesiapan dana pada saat itu.

Romansa Rumah Tumbuh

Rumah tumbuh cocok untuk pasangan muda yang baru mulai membina keluarga. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu dan anggota keluarga yang bertambah banyak, penambahan ruang bisa dilakukan sesuai dana yang tersedia. Ada dua macam model pengembangan rumah tumbuh, yaitu horizontal dan vertikal (tingkat).

Jasa kontraktor rumah menyebutkan konsep ini memiliki kelebihan, yakni membantu menghemat pengeluaran dan proses pembangunannya bisa lebih terencana. Jasa kontraktor rumah yang menawarkan konsep rumah tumbuh biasanya menawarkan unit dengan bangunan yang tidak terlalu besar namun lahan luas.

Prinsip Membangun Rumah Tumbuh

Ada dua prinsip utama yang bisa disimak jika Anda tertarik dengan konsep ini yang diajukan oleh kontraktor rumah Anda. Kedua prinsip tersebut adalah prinsip yang kuat dan mendasar, yang harus dipenuhi dalam setiap proses pembangunan rumah tumbuh.

  1. Tentukan Kondisi Finansial Anda Saat Ini

Konsep rumah tumbuh adalah tentang bagaimana Anda membangun rumah sesuai dengan yang Anda inginkan sementara Anda bisa tetap menempati rumah tersebut. Dengan mengetahui secara pasti kemampuan mengeluarkan dana, perencanaan akan lebih tertata.

Perencanaan yang dimaksud antara lain terkait dengan jumlah ruangan keseluruhan yang diinginkan, pencahayaan, sirkulasi udara, instalasi air, dan instalasi listrik. Libatkan jasa kontraktor rumah Anda ketika merencanakan semua ini di awal.

Mengetahui kondisi keuangan juga akan memudahkan Anda untuk mengetahui sejauh mana pembangunan bisa dilakukan, mengingat harga bahan bangunan cenderung semakin naik dari waktu ke waktu.

Terkadang penyedia bahan bangunan memberikan potongan harga yang lumayan menarik untuk keramik, pegangan pintu, atau kloset. Pada saat itu, Anda bisa membeli material tersebut untuk disimpan dan digunakan di kemudian hari.

Namun perlu diingat bahwa bahan bangunan yang utama seperti semen, pasir, atau besi jarang sekali mengalami penurunan harga. Meskipun demikian, kenaikan harga ini tetap bisa diperkirakan, biasanya berkisar antara 5 – 10 persen setiap tahunnya.

  1. Konsultasikan Proses Pengembangan Dengan Para Ahli, Arsitek, Atau Kontraktor Rumah

Sebagai contoh, apabila konsep rumah tumbuh yang diinginkan adalah horizontal, maka Anda tidak perlu melakukan penguatan struktur, cukup dengan membiarkan tulangan struktur tetap keluar. Tujuannya adalah untuk memudahkan penyambungan struktur pada tahap pembangunan yang berikutnya.

Apabila konsep rumah tumbuh yang Anda setujui dengan kontraktor rumah Anda adalah vertikal (tingkat), kekuatan struktur bangunan sudah harus dipikirkan dari awal. Struktur beton dan kolom harus mampu menahan beban dua lantai atau lebih.

Yang juga harus didiskusikan dengan kontraktor rumah adalah instalasi air dan listrik. Jika harus ada sistem yang ditanam, sebaiknya dilakukan di awal untuk menghindari pembongkaran yang bisa membuat biaya pembangunan makin membengkak.

Untuk alasan estetika, pastikan bahwa bentuk rumah awal tidak nampak terlalu aneh atau kurang menarik sebelum proses pembangunan dilanjutkan. Bicarakan semua hal ini dengan pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan rumah Anda, terutama dengan jasa kontraktor rumah yang Anda sewa.

Itulah dua prinsip utama dalam membangun tempat tinggal dengan konsep rumah tumbuh. Pada masa sekarang ini, di tengah derasnya arus urbanisasi, lahan di kota makin sempit. Mereka yang berkeinginan membangun rumah di daerah perkotaan harus menghadapi kenyataan bahwa harga tanah dan rumah makin mahal. Hadirnya konsep rumah tumbuh menawarkan angin segar bagi mereka yang mengidam-idamkan membangun rumah sendiri, tentunya dengan memperhatikan kedua prinsip yang telah diulas di atas.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *