Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Dinding Kaca Dalam Desain Interior

Desain Interior Murah, Harga Desain Interior, Interior Design Jakarta, Jasa Arsitek, jasa desain interior, Jasa Desain Rumah, Jasa Interior Design, Jasa Interior Rumah, jasa kontraktor rumah, Kontraktor Bangunan, Kontraktor Interior, Kontraktor Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dinding Kaca dalam Desain Interior

 

       Desain interior murah – Seperti yang Anda diketahui bahwa kaca bersifat mudah pecah, apakah aman jika digunakan dalam sebuah bangunan apalagi dijadikan tema desain? Dengan perkembangan teknologi yang sudah maju, saat ini kaca menjadi lebih kuat dari kaca jaman dulu. sekarang telah tersedia berbagai macam kaca yang bervariasi yang mempunyai nilai estetika, baik untuk desain interior maupun eksterior.

Desain Interior  Dengan Dominasi Material Kaca

Seiring dengan perkembangan gaya dan desain interior murah, membuat pemakaian material kaca menjadi semakin beragam. Jika dahulu kaca hanya digunakan sebagai pelengkap atau aksesoris saja, sekarang penggunaannya lebih luas dan tak lagi terbatas, misalnya saja adanya dinding yang menggunakan full kaca.

Ada berbagai macam kaca yang bisa diaplikasikan pada desain interior murah untuk rumah Anda, misalnya saja kaca bening (clear glass), kaca berwarna (tint glass), kaca es, glass block, tempered dan kaca laminasi, dll.

Saat Anda berbelanja ke supermarket pasti sering melihat bahwa dinding bagian depan dan pintunya didominasi oleh material kaca. Adapun jenis kaca yang digunakan untuk dinding ada 3 macam, yakni transparan, semi transparan, dan kaca reflektive. Hal tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.

Penerapan kaca sebagai dinding tak hanya untuk eksterior saja, namun bisa juga pada desain interior murah bangunan. Contohnya untuk sekat antara ruang tamu dengan ruang TV, ruang makan dengan dapur, ruang kerja dengan ruang keluarga, atau bisa juga dijadikan sebuah pintu untuk ruang yang Anda inginkan.

Kelebihan Material Kaca

  1. Sekat / pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga yang terbuat dari kaca bisa memberikan efek lebih luas dan seolah-olah menyatu karena menjadikan ruangan menjadi tanpa pembatas.
  2. Sifat kaca yang tembus cahaya bisa memberikan keuntungan terkait pencahayaan. Rumah dengan desain interior murah berupa dinding kaca lebih hemat energi, karena pencahayaan pada siang hari cukup dari sinar matahari saja.
  3. Mampu memaksimalkan pemandangan, terlebih jika rumah terletak di tempat dengan pemandangan bagus di sekitarnya.
  4. Mudah dalam perawatannya. Tinggal menggunakan cairan pembersih saja.
  5. Salah satu sifat kaca adalah kedap suara. Jika rumah Anda berada di kota tepat pinggir jalan raya, maka desain interior murah dengan dinding kaca mampu meredam kebisingan yang ada di luar rumah.
  6. Sifat kaca juga kedap air. Jadi meskipun terkena hujan dan tetesan air hujan, air tersebut tak akan meresap masuk ke dalam, beda dengan dinding yang terbuat dari batu bata.
  7. Kaca juga bisa menahan panas dari luar, sehingga penggunaan AC bisa diminimalisir. Pengeluaran di akhir bulan pun menjadi lebih sedikit.
  8. Memberikan kesan yang trendy dan modern untuk sebuah bangunan.
  9. Untuk desain interior murah bisa memanfaatkan jenis kaca seperti tinted glass atau glass block dan penambahan stiker sesuai selera untuk memperindah ruangan Anda.

Kekurangan Material Kaca

  1. Pemasangan kaca sebagai dinding desain interior murah tergolong lebih rumit dan sulit dibandingkan dengan dinding biasa. Jadi dibutuhkan tenaga ahli yang profesional.
  2. Jika menggunakan kaca yang kualitasnya kurang bagus, maka akan mudah retak dan tidak tahan jika terbentur sesuatu.
  3. Perlu aksesoris tambahan seperti tirai, ya meskipun ini termasuk optional.
  4. Jika menggunakan kaca bening (clear glass), orang yang masih belum terbiasa bisa saja terbentur, karena tidak sadar bahwa di sana ada sebuah kaca sebagai pembatas.

Desain interior murah yang mengusung material kaca mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Maka bijaklah dalam memilih bahan dan tema. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. desain ini akan cocok untuk pembangunan restoran, cafe remaja, cafe baca, rumah mewah, dll.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *