Denah Rumah : Dapatkan Hunian Hemat Energi Dengan 4 Tips Cerdas Desain Rumah Ini

denah rumah, Desain Interior Murah, Harga Desain Interior, Interior Design Jakarta, Jasa Arsitek, jasa desain interior, Jasa Desain Rumah, jasa interior desain, Jasa Interior Design, Jasa Interior Rumah, jasa kontraktor rumah, Kontraktor Bangunan, Kontraktor Interior, Kontraktor Rumah, model rumah terbaru, rumah minimalis

Dapatkan Hunian Hemat Energi Dengan 4 Tips Cerdas Desain Rumah Ini

 

                           Denah Rumah : Peranan denah rumah memang sangat penting ketika Anda bermaksud untuk mendirikan ataupun juga melakukan renovasi rumah. Dikatakan demikian karena adanya denah akan membantu melakukan perencanaan yang tepat dengan biaya yang juga bisa dikontrol. Bahkan, dengan pentingnya peranan denah rumah ini, banyak orang yang kemudian berbondong-bondong untuk menyewa jasa pembuatan denah suatu rumah demi menghindari kesalahan pembangunan yang nantinya akan memberikan dampak negative dari segi finansial, waktu dan juga tenaga.

Seperti yang tersebut di atas, jika memang Anda ingin membangun sebuah hunian yang nyaman dan juga hemat energi, maka Anda pun juga harus mempertimbangkan masalah denah rumah. Sebuah rumah dikatakan hemat energi ketika rumah tersebut memiliki pencahayaan yang baik dari sinar matahari, sehingga nyala lampu pun akan bisa diminimalisir dengan baik.

Tips Membuat Denah Rumah Hemat Energi

Untuk menciptakan hunian yang semacam itu, berikut tips membuat denah rumah yang hemat energi yang perlu Anda perhatikan.

  1. Perhatikan masalah posisi rumah

Salah satu hal yang menentukan pembuatan denah rumah dengan hemat energi adalah dengan memperhatikan letak rumah. Posisi rumah akan mempengaruhi banyak sedikitnya cahaya matahari yang diterima oleh suatu ruangan tertentu.

Sayangnya, paparan sinar matahari yang berlebih juga tidak terlalu baik untuk nuansa di dalam rumah. Oleh sebab itu, akan sangat tidak dianjurkan bagi Anda mendirikan rumah dengan menghadap ke timur. Namun, jika memang terpaksa melakukan hal ini, maka Anda bisa mensiasatinya dengan memanfaatkan “window blind” sehingga rumah tidak terpapar cahaya matahari yang berlebih.

  1. Lakukan pengaturan penempatan ruangan

Perihal lain yang bisa dilakukan untuk membuat denah rumah adalah dengan mencoba memaksimalkan bagian sisi utara ataupun selatan. Tindakan yang demikian ini nantinya akan membatasi jumlah cahaya yang akan masuk ke dalam ruangan, sehingga ruangan tersebut tidak akan terasa panas.

Dengan cara ini pula maka kenyamanan akan tercipta di dalam rumah dan pastinya di saat siang haripun rumah juga tidak akan terasa panas karena cahaya matahari yang sempat masuk rumah.

  1. Pastikan untuk memanfaatkan ventilasi

Seperti tujuan awal pembuatan rumah untuk menghemat energi, maka dalam membangun rumah, pada denah rumah Anda bisa menempatkan ventilasi yang cukup sehingga Anda nantinya akan memiliki sirkulasi udara yang baik pula.

Dengan sirkulasi udara yang lancar, maka Anda tidak perlu lagi menyalakan AC guna mendinginkan ruangan di saat cuaca memang dalam kondisi yang panas. Untuk penempatan ventilasi bisa dilakukan di bagian tembok rumah dengan jarak tertentu. Masalah ini bisa Anda konsultasikan dengan pihak yang akan membangun rumah.

  1. Gunakan peralatan elektronik yang hemat energi

Ketika Anda merencanakan untuk membangun denah rumah hemat energi, sudah selayaknya Anda juga harus mempertimbangkan beragam perangkat elektronik yang bisa Anda pilih untuk meminimalisir daya listrik harian Anda. oleh sebab itu, pastikan Anda. dengan cara yang demikian ini, maka secara tidak langsung Anda pun juga akan menghemat tagihan listrik bulanan Anda selama satu bulan.

Untuk membuat rumah hemat energi, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan merujuk pada pembuatan denah rumah yang disesuaikan dengan tujuan. dalam hal ini, dengan merujuk pada tips pembuatan denah rumah di atas, maka Anda akan mendapatkan hunian yang sejuk dan nyaman. Pastinya juga, dengan paparan sinar matahari yang cukup di waktu tertentu akan menjadikan rumah tetap dalam kondisi yang terang tanpa harus Anda menyalakan lampu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply